Wednesday 10 February 2016

CARA MEMASANG DAN SETTING JARINGAN WARNET







SEOICT.blogspot.com / blog.yohcube.com Tutorial gamblang 
Mengenai Cara Memasang dan Setting Jaringan Warnet,
Terima Kasih Untuk CALVIN PRAW Atas Creativenya
dan akhir kata tutorial saya cukup samapai disini , ....
bagi mas anda yang berminat membuka usaha kecil-kecilan seperti warnet  ya cukup sisihkan uang jajan sekitar 50 jutaan atau biar lebih hemat menggunakan N-Computing , tapi resikonya lebih guede dari pada PC biasa.
Hal-hal yang harus disiapkan seperti yang tercantum pada gambar diatas , alhamdulillah gambarnya Komplit ,

  • Kita butuh ruangan untuk mengisi peralatan warnetnya

  • Butuh jaringan internet , ya minimal yang sering terdengar dan ditelinga kita yaitu Speedy. silahkan dipesan sesuai kebutuhan warnet kita di khususkan untuk para gamer atau para bro - bro yang suka berselancar sekedar cari info seperti ini ,cukup duduk dihadapan mbah google dan langsung ketinkkan www.calvinpraw.blogspot.com



  • Untuk Modem ADSL biasaya udah dapet free dari pihak yang menyediakan layanan internet.

  • Komputer Terdiri dari SERVER dan CLIENT , usahakan komputer server lebih tinggi spesifikasinya dari client , biar gax terlalu lemot . 
  • HUB / SWITCH  pembagi jaringan 
Oke kita mulai merakit dan mengatur jaringanya ,
Untuk koneksi internet biasanya para pelanggan langsung bisa mengunakannya, karena telah di set dari penyedia jasa layanan internet tersebut. jadi gak usah repot-repot mas bro.

  • Langkah Pertama , Pasangkan kabel LAN dari modem ADSL ke Hub Pada urutan 1 , ini merupakan gateway yang bisanya mendapatkan IP default 192.168.1.1 
  • Langkah Kedua , pasangkan  kabel lan dari hub lan no 2  >>> Ke server , biasanya hub terkini sudah mengatur IP secara otomatis . tapi ada baiknya  pada server kita  setting seperti gambar berikut ini.
  • Klik Ajah untuk Meperbesar gambar

  • Nah Untuk Seterusnya tinggal kabel ke komputer Client.  Untuk komputer client bisa kita mulai dengan dengan IP 192.168.1.3 gatewaynya tetap 192.168.1.1 karena itu ip dari modem ADSL nya.

  • Catatan usahakan Settingan pada Client Sama seperti gambar , tinggal merubah IP adressnya saja. Detail  
    "Client 1     192.168.1.3  |  client2   192.168.1.4 | client3 192.168.1.5   dan seterusnya."
Fungsi memasang ip setiap komputer agar tidak terjadi bentrok IP / Biasanya ditandakan dengan tanda seru pada icon LAN.

INSTALASI BILING
selanjutnya kita ke proses instalasi biling warnet sobat , Biling warnet ada yang free seperti handycaffe  tinggal download ajah dan yang berbayar Adalah biling exploler . tapi banyak crack tersedia.
inti dari instalasi software ini hanya terletak pada pilihan . karena pada saat instalasi kita tinggal memilih Untuk SERVER atau CLIENT  dan tinggal mengkonfigurasi ip Server pada masing-masing komputer client.
hal yang sangat mutlak adalah setting biaya biling , ini adalah wajib tergantung keingin anda menetukan tarif pada warnet anda.
anda Juga Bisa Merancang Warnet anda dengan Software
Cisco Paket Traccer
Load disqus comments

1 komentar: